Don't Show Again Yes, I would!

6 Tips Cara Memilih Kartu Kredit Yang Terbaik

Di era cashless society ini, kartu kredit menjadi kebutuhan pokok dalam segala transaksi. Orang mungkin memiliki lebih dari satu kartu kredit. Sangat penting untuk menganggap kartu kredit Anda sebagai kartu kedua yang harus Anda miliki di dompet Anda setelah kartu tanda penduduk (KTP).

Kartu kredit menawarkan banyak kemudahan dan menghemat banyak kerumitan. Di zaman yang didominasi digital, banyak orang yang lebih memilih kepraktisan. Kemudahan, kemudahan, dan keamanan yang dijanjikan juga menjadi alasan masyarakat memilih kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Sebelum Anda mengajukan kartu kredit, berikut beberapa tips memilih yang terbaik.

Saat ini banyak bank yang terburu-buru menerbitkan berbagai jenis kartu kredit. Masing-masing bank menawarkan berbagai keuntungan, seperti bebas biaya tahunan, suku bunga rendah, dan diskon belanja, untuk menarik minat nasabah.

1. Waspadai berbagai biaya kartu kredit

Sebelum memilih kartu kredit, sebaiknya pertimbangkan biaya yang dikenakan, seperti biaya tahunan, bunga, dan biaya pengelolaan. Kartu kredit dengan suku bunga tinggi sangat ideal bagi orang-orang yang biasanya menggunakan kartu kredit daripada uang tunai untuk berbelanja dan ingin segera melunasi tagihan kartu kreditnya setiap bulan.

Meski mengenakan suku bunga tinggi, kartu kredit jenis ini biasanya menawarkan nilai tambah seperti gratis biaya tahunan, diskon, cash back, dan poin reward untuk setiap transaksi.

Kartu kredit berbunga rendah ideal bagi mereka yang sering mencicil atau melakukan pembayaran kecil. Tentu saja, jenis kartu kredit ini mengenakan biaya tahunan dan biasanya tidak menawarkan banyak diskon atau uang kembali. Jika Anda memiliki sumber pendapatan tetap dan cukup untuk membayar tagihan setiap bulannya, tingkat bunga yang rendah mungkin bisa menjadi faktor penentu dalam memilih kartu kredit ini.

 

2. Perhatikan manfaat diskon kartu kredit. Semakin banyak diskon semakin baik.

Salah satu faktor yang mungkin ingin Anda pertimbangkan ketika memilih kartu kredit yang tepat adalah apakah ada penawaran rabat atau rabat. Jika Anda suka berbelanja, carilah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon. Hal ini biasanya merupakan hasil kerjasama antara bank penerbit kartu kredit dengan beberapa merchant atau pedagang.

Anda dapat memeriksa daftar perusahaan yang bermitra dengan perusahaan kartu kredit yang Anda pertimbangkan untuk mengetahui apakah Anda sering berbelanja di sana dan apakah barang yang dijual adalah barang yang benar-benar Anda butuhkan.

3. Perhatikan rekam jejak bank penerbit kartu kredit Anda

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih kartu kredit adalah latar belakang bank penerbit kartu kredit tersebut. Jika kelayakan kredit dan reputasi bank tersebut baik, maka Anda akan merasa lebih aman dan nyaman sebagai pemegang kartu kredit di bank tersebut, dan keuntungan menggunakan kartu kredit tersebut akan semakin besar.

 

4. Menjamin keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan kartu kredit

Bagi yang mengutamakan keamanan bertransaksi, pilihlah penerbit kartu kredit yang menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih kepada nasabah. Jaminan jenis ini dapat berupa foto pribadi atau tanda tangan yang tercetak pada kartu kredit, dan fungsinya antara lain mengurangi kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit. Kebanyakan penerbit kartu kredit saat ini juga menawarkan asuransi kepada pemegang kartu kredit.

5. Perhatikan jangkauan jaringan bank penerbit Anda

Kartu kredit broadband ideal untuk pelancong internasional yang sering bepergian. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, sebaiknya pilihlah kartu kredit yang memiliki jaringan luas dan dapat digunakan di seluruh dunia, terutama di negara yang sering Anda kunjungi. Anda dapat bepergian dengan nyaman dengan kemudahan menggunakan kartu kredit Anda bahkan di luar negeri.

 

6. Pertimbangkan fasilitas tambahan lainnya

Banyak penerbit kartu kredit yang menawarkan reward kepada pelanggannya dalam bentuk merchandise, diskon belanja, poin, dan lainnya. Jika Anda ingin menikmati beragam reward yang ditawarkan beberapa kartu kredit, jenis kartu kredit ini cocok untuk Anda.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah fasilitas tambahan seperti akses ATM di seluruh dunia, asuransi perjalanan, keamanan pembayaran kartu kredit, dan fasilitas executive lounge di berbagai lokasi. Jika Anda sering menggunakan fasilitas tambahan tersebut, ada baiknya memilih jenis kartu kredit ini.

Semoga ini bermanfaat!

Share :
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *