Apa Itu Instagram Live Video dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Bisnis

Instagram telah digunakan oleh pemasar media sosial selama bertahun-tahun.

Platform ini memberi bisnis peluang besar untuk terlibat dengan audiens mereka. Pada awalnya, bisnis hanya dapat membagikan foto dan video pendek mereka, tetapi pada tahun 2016, Instagram memperkenalkan fitur yang disebut Instagram Live, yang memungkinkan bisnis untuk terlibat dengan pengikut mereka secara real-time. Fitur ini telah dihargai oleh jutaan pengguna yang segera mulai menggunakannya dengan cara yang berbeda.

Instagram liveMeskipun Instagram Live menyenangkan dan menarik, banyak pemasar masih tidak yakin apakah mereka harus menggunakannya atau tidak karena mereka tidak memahami nilai apa yang ditawarkan fitur ini bagi bisnis. Meskipun banyak merek telah mempelajari cara menggunakan Instagram Live untuk keuntungan mereka, menggunakan Instagram Live bisa menjadi tugas yang rumit, terutama jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Pada artikel ini, kami akan mempertimbangkan keuntungan Instagram Live untuk bisnis dan mempertimbangkan banyak tips berguna tentang cara menggunakannya secara efektif.

Apa Itu Instagram Live?

Sebelum kita masuk ke detail tentang cara menggunakan Instagram Live secara efektif, mari kita cari tahu apa itu dan bagaimana cara kerjanya.

Instagram Live memungkinkan Anda untuk melakukan streaming video secara real-time sementara pengikut Anda bereaksi dan meninggalkan komentar mereka. Anda juga dapat mengundang orang lain ke terjemahan langsung Anda sebagai tamu, dan Anda dapat menyimpan video langsung Anda ke akun Anda sehingga akan tersedia sebagai cerita. Anda juga dapat menyematkan komentar terbaik ke atas.

Fitur ini mudah digunakan, dan sangat mirip dengan Instagram Stories. Untuk merekam video langsung, Anda hanya perlu mengetuk ikon Anda, seperti yang Anda lakukan saat membuat cerita dan geser ke opsi Langsung. Cukup ketuk tombol bulat, dan Anda akan ditayangkan.

Namun, jika Anda ingin menggunakan Instagram Live untuk bisnis, Anda perlu tahu lebih banyak tentang fitur ini. Tidak cukup hanya dengan siaran langsung. Anda juga harus mempersiapkan dan memiliki gagasan yang jelas tentang seperti apa tampilan video langsung Anda, dan apa yang akan Anda katakan. Anda bahkan dapat berlatih sebelum menampilkan streaming langsung Anda kepada pengikut sehingga Anda dapat memastikan bahwa semuanya akan berjalan dengan sempurna.

Mengapa Tayang di Instagram?

Semuanya bagus dan bagus, tetapi mengapa Anda harus repot-repot melakukan siaran langsung di Instagram? Siaran langsung selalu lebih menantang daripada memposting konten yang sudah jadi, apa pun platform yang Anda gunakan. Anda tidak dapat membuat beberapa bidikan dan kemudian memilih yang terbaik, dan Anda juga tidak dapat mengedit rekaman Anda sebelum ada yang melihatnya. Semuanya terjadi pada saat ini tepat di depan penonton langsung Anda.

Nah, alasan pertama mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Instagram Live adalah Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Lebih dari 500 juta orang menggunakan Instagram setiap hari. Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar, dan sangat populer di kalangan milenial. Platform ini memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan, dan 50% dari mereka mengikuti setidaknya satu merek di platform ini. Selain itu, 80% pengguna Instagram mengandalkan platform ini ketika mereka memilih produk dan layanan sehingga Instagram sangat berharga untuk bisnis.

Jelas, memiliki kehadiran Instagram yang kuat bermanfaat untuk bisnis Anda, tetapi apa yang istimewa dari siaran langsung, dan mengapa Anda harus melakukannya? Pertama, video cinta muncul di bagian atas umpan, seperti halnya cerita, tetapi video langsung memiliki prioritas lebih tinggi. Anda melihat video langsung terlebih dahulu, lalu cerita. Oleh karena itu, siaran langsung memungkinkan Anda menonjol dan menarik lebih banyak pemirsa. Selain itu, pengikut Anda akan menerima pemberitahuan saat Anda melakukan siaran langsung, yang tidak terjadi saat Anda memposting cerita atau video umpan.

Pemberitahuan semacam itu bisa sangat berguna jika Anda ingin menjangkau lebih banyak pengguna, tetapi peningkatan eksposur bukanlah satu-satunya keuntungan dari siaran langsung. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Instagram Live memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara real-time. Pemirsa Anda dapat meninggalkan komentar dan reaksi mereka sehingga Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengumpulkan umpan balik.

Untuk memastikan komunikasi yang efektif dan untuk mengumpulkan umpan balik, banyak perusahaan menggunakan obrolan langsung. Anda bahkan dapat menggunakan chatbot gratis yang akan memberikan bantuan dan mengumpulkan umpan balik untuk Anda. Namun, Instagram Live menawarkan cara komunikasi yang lebih otentik dan pribadi.

Bahkan jika Anda sudah menggunakan obrolan langsung, Instagram Live akan menjadi tambahan yang bagus. Anda juga dapat memposting T&J Stiker ke dalam video langsung Anda. Menjawab semua pertanyaan di komentar bisa jadi sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan jika Anda memiliki banyak pengikut. Namun, kotak pertanyaan memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan dengan mudah dan cepat. Cukup posting Stiker Pertanyaan sebagai cerita sebelum ditayangkan, lalu ketuk tombol tanda tanya saat streaming video langsung Anda.

Cara Menggunakan Instagram Live untuk Bisnis Anda

Persiapkan pemirsa Anda untuk streaming langsung

Meskipun video langsung Anda mudah dilihat karena posisinya di panel Cerita dan pemberitahuan, kami menyarankan Anda untuk selalu mempromosikan streaming langsung mendatang karena promosi yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam hal penayangan. Pendekatan yang bagus adalah memposting cerita Instagram di mana Anda membagikan tanggal dan waktu streaming langsung yang akan datang. Anda juga dapat menggunakan stiker hitung mundur untuk menyorot acara tersebut.

Stiker hitung mundur dalam cerita Anda adalah alat hebat yang dapat membantu Anda membuat audiens Anda bersemangat. Anda juga dapat mendorong pengikut Anda untuk mengetuknya dan mengatur pengingat untuk akhir hitungan mundur. Seiring dengan cerita, Anda juga dapat membuat posting reguler di mana Anda dapat mengumumkan siaran langsung yang akan datang dan membagikan beberapa detail dengan pengikut Anda. Beri tahu mereka apa yang diharapkan dari aliran Anda, dan dorong audiens Anda untuk meninggalkan komentar mereka dengan saran dan pertanyaan yang relevan.

Identifikasi tujuan Anda

Untuk memastikan bahwa video Live Instagram Anda akan bekerja untuk Anda, Anda harus dengan jelas menentukan tujuan dari video live Anda. Apa yang ingin Anda capai? Misalnya, Anda mungkin ingin meningkatkan penjualan produk tertentu, meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan, mendapatkan lebih banyak pengikut, atau membuat lebih banyak orang mendaftar ke email Anda.

Meskipun Anda mungkin ingin mencapai semua tujuan di atas, pendekatan terbaik adalah menetapkan prioritas yang jelas untuk setiap siaran. Dengan cara ini, Anda dapat fokus pada tujuan tertentu dengan setiap video. Jangan lupa bahwa Anda juga harus menyelaraskan tujuan Anda dengan strategi pemasaran Anda. Sasaran Anda harus menentukan topik streaming langsung Anda, serta banyak detail, termasuk pilihan kata dan gaya keseluruhan percakapan Anda dengan pemirsa.

Bergantung pada tujuan Anda, Anda bahkan dapat menulis plot untuk video langsung Anda. Tentu saja, tidak perlu mengikuti plot kata demi kata, karena improvisasilah yang membuat video langsung menjadi sangat menarik. Namun, Anda dapat menuliskan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.

Selain itu, Anda dapat merencanakan bagaimana Anda akan menyapa audiens Anda dan menuliskan beberapa frasa menarik yang Anda tahu akan mereka hargai. Jika Anda tidak tahu harus menulis apa, Anda selalu dapat menemukan penulis lepas berpengalaman di situs web ulasan layanan penulisan seperti Best Writers Online.

Pilih format

Rencanakan format video Anda sehingga pemirsa Anda akan tahu apa yang diharapkan dan Anda dapat tetap berpegang pada kerangka dasar. Ada banyak jenis video Instagram Live yang populer. Misalnya, Anda dapat menyelenggarakan sesi Tanya Jawab — format ini sangat sederhana untuk dijalankan namun efektif.

Jika Anda meluncurkan produk atau layanan baru atau berencana untuk mengumumkan acara penting, Anda dapat memilih format seperti pesta untuk aliran Anda di mana Anda akan mempromosikan produk, berbicara dengan pelanggan Anda secara real-time, dan mungkin memberi mereka beberapa hadiah.

Jenis video langsung populer lainnya adalah video di belakang layar. Orang-orang adalah makhluk yang ingin tahu, jadi jika mereka tertarik dengan merek Anda, mereka mungkin ingin melihat apa yang terjadi di balik pintu tertutup. Ajak pengikut Anda dalam tur virtual, tunjukkan cara Anda membuat produk, atau biarkan mereka melihat karyawan yang bekerja di kantor. Dengan cara ini, Anda akan membuat merek Anda lebih mudah didekati.

Anda juga dapat melakukan streaming kolaborasi dengan influencer. Kolaborasi adalah alat yang sangat efektif untuk pertumbuhan di media sosial. Influencer dapat tertarik untuk bekerja dengan Anda karena Anda dapat mempromosikan mereka ke audiens Anda, sementara mereka akan mempromosikan Anda ke audiens mereka. Hal terbaik tentang kolaborasi adalah Anda bahkan tidak perlu duduk di ruangan yang sama dengan influencer lain — Anda cukup mengundang mereka untuk bergabung dengan video Anda dengan mengetuk ikon di bagian bawah sehingga Anda berdua akan muncul di layar terpisah. Ingatlah bahwa Anda hanya dapat mengundang seseorang yang sudah menonton video Anda.

Tayangkan saat audiens Anda paling aktif

Jika Anda ingin video Instagram Live Anda memenuhi tujuannya, pastikan untuk ditayangkan saat pengikut Anda benar-benar aktif. Anda tidak ingin mereka mengabaikan streaming langsung Anda karena mereka sibuk bekerja atau tidur. Mengingat Instagram akan mengirimkan notifikasi kepada pengikut Anda saat Anda memulai siaran langsung, kami sarankan Anda memilih momen yang tepat untuk itu.

Untuk melakukan siaran langsung pada waktu yang tepat, Anda perlu melakukan riset sederhana. Anda harus tahu kapan orang cenderung mengunjungi akun Anda dan kapan mereka terlibat dengan postingan Anda. Untuk melakukannya, kunjungi Insights Instagram Anda dan lihat tab Audiens. Dengan cara ini, Anda akan melihat pada hari apa dalam seminggu dan pada jam berapa pengikut Anda paling aktif.

Atau, Anda dapat menggunakan Smartmetrics untuk melihat perincian yang bagus tentang kapan dan berapa banyak pengikut yang online.

smartmetricsPilih lokasi dan pencahayaan yang tepat

Kami menyarankan Anda untuk berusaha membuat video Instagram Live Anda terlihat profesional. Pikirkan bagaimana latar belakang video Anda sesuai dengan keseluruhan pesan. Anda dapat memilih berbagai jenis latar belakang tergantung pada tujuan video Anda, nada keseluruhannya, dan citra merek Anda.

Jika citra merek Anda menyenangkan dan menyenangkan, Anda dapat mencoba warna-warna cerah. Tentu saja, solusi terbaik adalah memilih warna merek Anda. Jika Anda ingin membuat audiens tetap fokus pada kata atau item yang Anda tampilkan, Anda juga dapat menggunakan latar belakang putih sederhana.

Dalam hal pencahayaan, memilih cahaya alami tentu merupakan pilihan yang lebih terjangkau. Selain itu, cahaya alami seringkali merupakan pilihan terbaik. Namun, audiens Anda mungkin paling aktif saat tidak banyak cahaya matahari yang tersedia, jadi Anda mungkin perlu berinvestasi pada lampu yang bagus. Apa pun cahaya yang Anda pilih, pastikan tidak ada bayangan yang tidak diinginkan.

Gunakan elemen bermerek

Saat Anda melakukan siaran langsung di Instagram, Anda tidak dapat mengedit video Anda terlebih dahulu, tetapi itu juga merupakan hal yang baik tentang video langsung. Anda dapat menggunakan elemen bermerek dengan cara yang paling alami, tanpa presentasi dan slogan yang dipentaskan. Gunakan item yang dicat dengan warna merek Anda, buat latar belakang bermerek, atau teguk cangkir dengan logo Anda di atasnya.

Saat berbagi video atau gambar ke streaming langsung, Anda juga dapat menambahkan sentuhan bermerek ke video atau gambar tersebut. Misalnya, Anda dapat menambahkan batas berwarna atau menggunakan hamparan teks dengan font merek Anda.

Gunakan kembali video Instagram Live Anda

Setelah streaming langsung Anda berakhir, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja dan melupakannya. Streaming langsung Anda bisa informatif atau menyenangkan. Tidak peduli seperti apa tampilan video Anda, mereka selalu dapat dihargai oleh pengikut yang tidak berhasil melihat streaming langsung Anda. Jangan membuat mereka merasa dikucilkan.

Pertama, Anda dapat membagikan aliran Anda ke cerita yang akan tersedia selama 24 jam. Kedua, Anda mengetuk tombol Simpan di kiri atas dan simpan video Anda ke perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak akan dapat menyimpan komentar dan reaksi. Setelah Anda mengunduh video Instagram Live ke perangkat Anda, Anda dapat mengedit dan menggunakannya kembali. Misalnya, Anda dapat membuat video pendek untuk feed Anda atau video panjang untuk IGTV.

Membungkus

Instagram Live adalah alat yang berguna untuk setiap bisnis yang mencari peningkatan keterlibatan. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda secara real-time, menjawab pertanyaan mereka, mempromosikan produk Anda, atau sekadar berbagi berita tentang merek Anda. Kami berharap tips kami akan membantu Anda menggunakan Instagram Live secara efektif untuk bisnis Anda dan membuat merek Anda lebih populer.

 

Ingin lebih banyak konten seperti ini? Mendaftar untuk buletin kami. Gratis!