Bisnis Komik Online, Tips Cara Mengawali Bisnisnya

Sebelum membahas cara memulai bisnis komik online, penulis perlu menjelakan maksud dari komik online. Seperti pada umumnya komik yang beredar, komik masih menggunakan media kertas. Nah, di sini hanya membahas problem komik online yang berupa digital. Bisa dikatakan ebook komik. Bila ada perkataan “komik online”, maksud ini ialah ebook komik alias komik digital yang dijual secara online.

Sekarang ini, pengerjaan ilustrasi atau kartun komik telah dimudahkan dengan mengandalkan alat digital ialah Photoshop, CorelDrow atau Ilustrator. Bila penggambaran menggunakan alat digital, bagaimana kalau percetakan komik lebih kepada pecetakan digital? Hal itu bisa dianggap harmonis. Percetakan digital bisa menghemat biaya untuk kertas, tinta dan sebagainya. Anak-anak kini pun telah berkala memakai tablet dan smartphone untuk bermain game. Itu artinya, aktifitas membaca komik mampu diarahkan dengan media tablet.

Namun, bagaimana dalam sisi bisnis bisnis jikalau mau memasarkan komik online? Penulis pribadi saja mengevaluasi.

1.Buatlah Komik Online Menarget Anak Remaja

Anak remaja masih mempunyai jiwa kekanak-kanakan bila berumur di atas 15 tahun. Artinya, mereka lebih seneng membaca buku yang ringan. Memang, novel dianggap buku ringan dibaca untuk kalangan anak sampaumur. Tetapi, tidak semua anak tertarik dengan novel mengingat masih dipenuhi deretan kata tanpa gambar. Mereka justru lebih menginginkan nonton film alasannya adalah bisa membaca dongeng secara audio-visual. Nah, dari sini, apakah anda mengetahui maksudnya? Maksudnya adalah, dikala pembuatan novel menarget anak akil balig cukup akal, langkah ini dianggap tepat. Ciri khas yang kental ilustrasi atau kartun bisa menjadi daya tarik untuk anak sebab lebih seperti dengan adegan film. Makanya, komik juga laku dikalangan sampaumur.

2.Buatlah Alur Cerita Mengangkat Cerita Nusantara

Komik yang mengangkat nilai budaya nusantara Indonesia memang kurang laris. Tetapi inilah ceruk pasar yang minim kompetisi. Solusinya anda harus membuat cerita yang menarik. Ada banyak dongeng yang menarik dianggat dalam suatu komik yang dipadupadankan dengan ilustrasi yang tidak kalah dengan komik ala Jepang.

Anda orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, apakah tidak gila menciptakan novel budaya Jepang?

3.Buat Ilustrasi Komik Full Collor

Kelemahan komik cetak kertas yaitu tidak bisa full collor karena biaya pecetakan yang agak mahal daripada tanpa warna. Makanya, rata-rata komik tidak mempunyai warna pada ilustrasi. Namun alasannya adalah mau mencetak komik online alias komik digital, anda bisa mengupayakan full collor untuk ilustrasi atau gambar yang ada pada komik.

4.Pasarkan Komik Online Lewat Play Store Google

Kesulitan memasarkan komik online yaitu tidak bisa menarget untuk anak dewasa. Anak cukup umur lebih bahagia mencari situs-situs kawasan berkumpulnya game gratisan. Di play store Google, berbagai game gratisan dan juga berbayar. Nah, anda mampu manfaatkan play store untuk memperkenalkan komik online anda. Bila mempergunakan play store, anda mesti mempunyai kartu kredit untuk membayar registrasi dengan harga sekitar $25 (ketika artikel ini ditulis).

Maka dari itu, anda mampu menseriuskan usaha komik online ini agar bisa maksimal memanfaatkan fasilitas penjualan lewat play store. Anda mampu berpaya membuat komik lebih dari satu. Memang berat. Anda pun bisa mengajak para komikus untuk bergabung bersama anda dengan tarif yang lebih hemat biaya.

Catatan penting kalau komik online dipasarkan lewat play store. Komik itu telah pasti terlindungi oleh aplikasi lainnya. Artinya, aplikasi khusus untuk bisa membaca ebook. Maka dari itu, anda bisa mengandalkan jasa pembuat aplikasi yang bisa menanganinya.