Don't Show Again Yes, I would!

Cara Cek Verifikasi Bisnis Online Beserta Penjelasannya

Pengoperan cek BI banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk merekrut karyawan, maupun saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kartu kredit lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara pengecekan BI Checking atau yang sekarang disebut SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Apa itu scan BI atau SLIK OJK?

Cek BI atau SLIK merupakan data historis informasi debitur individu (IDI) yang mencatat kelancaran pembayaran kredit. Oleh karena itu, skor kredit yang disertakan di sini memberikan informasi apakah seseorang lancar membayar kreditnya atau mengalami kendala pembayaran.

Dengan beralihnya fungsi pengawasan perbankan dari Bank Indonesia (BI) kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking diubah menjadi SLIK. Di SLIK, layanan informasi riwayat kredit bagi nasabah bank dan lembaga keuangan termasuk dalam Layanan Informasi Debitur (iDEB).

Selain kewajiban melaporkan data debitur ke OJK, bank, lembaga keuangan dan keuangan juga mempunyai akses terhadap SLIK. Jadi, sistem ini menukarkan uang dari nasabah bank atau lembaga keuangan. Informasi yang dibagikan meliputi identitas debitur, agunan, pengurus dan pemilik usaha debitur, jumlah yang dipinjamkan atau dipinjamkan, riwayat pembayaran angsuran, riwayat kredit macet, dan lain-lain.

Baca juga Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak untuk Memaksimalkan Keuntungan Anda.

Cara cek SLIK BI atau OJK perorangan dan korporasi

Setelah Anda mengetahui pengertian BI Checking atau SLIK, sekarang saatnya mempelajari cara cek BI Checking. Ah iya. Selain bank dan lembaga keuangan yang terafiliasi dengan BIK atau Biro Informasi Perkreditan, informasi dalam Sistem Informasi Debitur (SID) juga dapat diakses oleh masyarakat umum.

Persyaratan Verifikasi SLIK OJK

Untuk melakukan verifikasi SLIK OJK, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi tergantung kriteria debitur yang mengajukan. Persyaratan masing-masing debitur adalah sebagai berikut.

paspor bagi orang asing

Anggaran Dasar yang baru direvisi menguraikan perubahan dalam manajemen bisnis.

Ini adalah dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga/kerabat.

Cara cek skor kredit online melalui SLIK OJK

Berikut langkah-langkah cek skor kredit Anda secara online melalui SLIK OJK:

1. Login ke halaman idebku.ojk.go.id.

2. Klik tombol registrasi.

3. Masukkan kolom yang wajib diisi seperti jenis debitur, kewarganegaraan, jenis ID debitur, dan nomor ID.

4. Masukkan informasi pribadi seperti nama, jenis kelamin, lokasi dan tanggal lahir, alamat, negara bagian/provinsi, email, dan nomor ponsel.

5. Klik tombol Berikutnya

6. Ikuti petunjuknya dan unggah foto tanda pengenal Anda, foto yang diambil dengan kartu tanda pengenal Anda, dan foto Anda sendiri.

7. Klik Berikutnya

8. Jika data sudah benar, konfirmasikan pernyataan bahwa seluruh data yang diberikan adalah benar dan Anda siap mematuhi Syarat dan Ketentuan OJK lalu tekan tombol Ajukan Permohonan.

9. Anda akan menerima notifikasi pendaftaran berhasil dan nomor pendaftaran yang dapat Anda salin.

10. Klik tombol Close untuk menutup notifikasi.

11. Anda dapat memeriksa status permintaan Anda dengan mengklik tombol status layanan dan memasukkan nomor registrasi Anda.

Baca juga 6 tips memilih kartu kredit terbaik.

Cek skor kredit BI

Anda akan diberi skor berdasarkan riwayat kredit Anda. Skor ini merupakan riwayat penagihan calon debitur. Nilai atau skor kredit yang diberikan adalah dari 1 hingga 5. Berikut detailnya:

Berdasarkan informasi di atas, debitur dengan skor 3 sampai 5 mempunyai reputasi yang buruk, sehingga umumnya bank dan lembaga keuangan menolak permohonan pinjaman kredit dari yang bersangkutan. Calon debitur dengan skor 3 sampai 5 masuk daftar hitam untuk screening BI. Tentu saja alasannya adalah bank dan lembaga keuangan tidak mau mengambil risiko kredit macet atau kredit macet.

Berdasarkan data di atas juga dapat dilihat bahwa calon debitur dengan skor 1 lebih disukai atau diprioritaskan oleh bank atau lembaga keuangan. Sedangkan calon debitur dengan skor 2 masih dalam kondisi cemas sehingga perlu dilakukan pengawasan karena sewaktu-waktu pembayaran bisa terlambat.

Cara Membersihkan Pemindaian BI

Jika Anda memiliki peringkat kredit yang buruk, sulit mendapatkan pinjaman bank. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan pemindaian BI Anda dan menjadikannya lebih baik. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda:

1. Pembayaran pembayaran tahunan

Untuk menghapus cek BI, Anda bisa memulainya dengan membayar cicilan terutang. Sebab, tidak ada cara lain untuk mengubah nasib buruk selain membayar cicilan.

2. Periksa scan BI Anda secara teratur

Bank BI secara rutin melakukan pengecekan segera setelah pembayaran angsuran. Perhatikan skor kredit Anda dengan cermat untuk melihat apakah ada perubahan. Namun, jika memang demikian, kirimkan keluhan Anda ke bank tempat Anda mengajukan kredit.

3. Cek ke OJK

Silakan cek ke OJK setelah pembayaran. Bawalah surat penjelasan dari bank tempat Anda mengajukan kredit dan konfirmasi bahwa Anda telah membayar cicilannya kepada OJK. Kemudian tunggu hingga hasil scan BI dinyatakan sehat.

Baca juga: Ingin KPR? Pertama, perhatikan berapa banyak yang harus Anda bayarkan.

Manfaat Memeriksa Skor Kredit Anda

Cek skor kredit melalui SLIK OJK memiliki banyak manfaat:

1. Memiliki riwayat kredit yang baik

Mengecek skor kredit Anda di SLIK OJK akan membantu Anda memastikan Anda memiliki riwayat kredit yang baik. Ini akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan.

2. Proses peminjaman menjadi lebih mudah.

Pengecekan skor kredit melalui SLIK OJK dapat membantu mempercepat proses pinjaman. Lembaga keuangan dapat dengan mudah mengevaluasi kelayakan pemberian pinjaman berdasarkan informasi yang diperoleh melalui SLIK OJK.

3. Menjaga kepercayaan terhadap lembaga keuangan

BI Checking atau SLIK OJK membantu menjaga kepercayaan terhadap lembaga keuangan. Memiliki riwayat kredit yang baik membuat lembaga keuangan lebih percaya diri dalam memberikan Anda pinjaman.

BI Checking atau SLIK OJK merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Anda dapat mengetahui riwayat kredit Anda dan memastikan Anda memiliki riwayat kredit yang baik untuk memastikan masalah kredit Anda berjalan lancar.

Share :
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *