Memulai Bisnis Ebook Berhubungan Zaman Kekinian

Bagaimana cara memulai bisnis ebook dari nol yang masih berhubungan di zaman kekinian? Mungkin anda ialah seorang ahli yang telah hebat dalam penulisan. Daripada susah mempublikasikan buku dalam bentuk fisik alias kertas, anda menetapkan untuk menerbitkannya dalam bentuk ebook. Anda berencana menjualnya. Lalu bagaimanakah caranya?

Sebelumnya, anda mesti menjajal berbelanja ebook. Bila anda kesulitan memutuskan opsi ebook yang hendak dibeli, penulis akan menjelaskan secara sederhana. Pertama, penulis akan membeli ebook yang mengangkat tema how-to, buku mudah siap pakai. Kedua, penulis akan melihat klarifikasi gambaran besar suatu ebook dengan dibarengi penjelasan terperincinya. Ketiga, jumlah halaman pun perlu dilihat dengan kriteria per ukuran buku. Mengenai jumlah halaman, harus menyesuaikan ukuran sesuai kriteria buku. Keahlian penulis pun mesti dilihat supaya bisa menilai gambaran kualitas buku. Keempat, ebook diatur oleh jago penerbitan ebook atau bernaung dalam penerbitan ebook.

Bagaimana kalau kesemua standar di atas tidak ada? Jawabannya: penulis tidak mau berbelanja jika buku fisik menyediakannya.

Lalu bagaimana cara untuk memulai bisnis ebook dari nol yang masih berhubungan di zaman kontemporer? Jawabanya, anda harus memenuhi tolok ukur di atas yang telah sebutkan. Bila tidak cukup, lalu harus bagaimana caranya? Berikut klarifikasi mudah buat anda yang mau serius bisnis ebook.

Bisnis Ebook Standar Percetakan Media Smartphone

Sekarang, pengguna ponsel telah beralih ponsel pintar dan tablet. Bahkan, sebagian besar pengguna mengandalkan ponsel pintar dalam banyak kepentingannya khususnya membaca ebook. Bila anda mau berdagang, berbisnis ebook, cetaklah ebook sesuai persyaratan media ponsel pintar.

Bagaimana ukuran ebook jika ketimbang buku kertas? Bila anda mengenal buku saku, mirip itulah ukuran ebook standar ponsel pintar. Ebook tersebut mempunyai ukuran 10,5 cm x 14,8 atau 12,5 cm x 17,6. Ini ukuran untuk ebook milik penulis. Ukuran buku saku sungguh mendukung keterbacaan di layar smartphone jikalau font berukuran 10.

Ebook Memenuhi Standar Penerbitan Buku

Banyak orang yang kecewa berbelanja ebook karena pembahasannya yang reme-temeh namun berguna mahal. Bahkan banyak pembeli melampiaskan kemarahannya dengan men-share ebook yang dibelinya. Akhirnya, banyak orag memanfaatkan ebook gratisan itu yang sebetulnya berbayar. Salah siapa? Di sini tidak mampu dibilang ini salah dan itu salah. Tetapi, bila pembuatan ebook beradaptasi dengan patokan penerbitan buku, pembeli tidak merasa dikecewakan.

Di sini, ada beberapa hal yang perlu dihadirkan untuk memaksimalkan bisnis ebook.

1. Langkah Editing Ebook

Anda hanya bertugas dalam penulisan. Namun kalau urusan dengan editing, anda bisa menyerahkannya terhadap orang lain. Banyak penulis hebat yang menyerahkan persoalan editing pada spesialis editing. Penulis jago bukan tidak hebat dalam editing melainkan ingin memangkas waktu. Editing termasuk dalam pekerjaan yang berat. Pikiran penulis jangan sampai dipusingkan dengan masalah editing.

2. Desain Cover Dan Ilustrasi Ebook

Kalau cuma memerlukan rancangan cover, anda tidak perlu melakukan rancangan ilustrasi. Namun paling tidak, peran pembuatan ebook mesti memikirkan rancangan cover dan gambaran. Anda bisa mengandalkan tenaga andal dalam hal ini kecuali anda bisa membuat desainnya.

3. ISBN Ebook

Bila bisnis ebook anda sudah telah memiliki surat legalitas, anda mampu mengajukan ISBN khusus untuk ebook. Bila mau mencetak dua jenis yaitu ebook dan buku, mampu mengajukan 2 ISBN. Langkah ini tergolong opsional. Anda tidak butuhmemikirkannya.

Penemoren harus dibedakan antara cetak kertas dan ebook walaupun dalam judul yang serupa. ISBN ebook tidak untuk buku kertas dan juga sebaliknya. Artinya, dikala mendaftar, ada dua jenis ISBN untuk satu naskah buku.

4. Pengaturan Layout

Walaupun bisnis ebook, jangan melewatkan persoalan layout. Bila ebook anda sesuai dengan tolok ukur layout buku, pembaca tidak akan merasa terganggu. Contoh kasus keranggangan kata, penjudulan yang tidak tepat, halaman kosong yang terpakai sedikit goresan pena dan sebagainya mesti segera dituntaskan.

Bisnis Ebook Harus Berlindung Dalam Aplikasi

Bila anda telah pernah membeli ebook di Google Play, anda akan paham bagaimana ebook dilindungi aplikasi. Jangankan ebook yang berbayar, ebook gratisan pun terlindungi. Penulis sendiri pernah men-download ebook gratisan di Google Play atau lazimdisebut Play Store. Secara teknis, ebook dalam aplikasi sulit untuk di-upload secara online karena terlindungi.

Jelaskan Keriteria Ebook Sesuai Hasil Percetakan

Penjelasan ebook hanya berupa citra besar dan detail keuntungan sudah tidak relevan lagi di zaman sekarang. Pembeli sudah peka dalam penawaran ebook. Bila telah mirip itu, jelaskan kuantitas dari sebuah ebook, fisik dari sebuah ebook. Mungkin mereka akan kagum dengan berita: berisi 500 halaman. Tragisnya, jumlah halamannya cuma untuk buku ukuran saku. Maka dari itu, penting sekali menerangkan keadaan fisik sebuah ebook.