Perjuangan Bisnis Online Lebih Sulit Dari Offline?

Bila anda harus menentukan salah satu, antara menentukan mengawali usaha bisnis online dan usaha bisnis ofline, mana yang lebih dulu dimulai? Apakah anda akan memulai bisnis online dengan segudang duduk perkara yang ternyata lebih rumit dari bisnis offline? Atau, apakah anda ingin memulai bisnis secara ofline saja yang langkah pengembangannya justru jauh lebih memberatkan modal? Bagaimana penyeleksian anda? Sepertinya, anda galau. Anda pun menjawab, “Segala macam jenis bisnis adalah kesulitannya sendiri.”

Namun di sini, penulis akan mencoba mengangkat isu perihal “Usaha Bisnis Online Lebih Sulit Dari Bisnis Ofline”, terlepas bagaimana pilihan anda atau klaim kesulitan yang ada di semua bisnis. Hal ini perlu dibahas untuk mematahan mindset salah yang sudah berkembang di banyak otak orang Indonesia. Menurut bayangan mereka, mengawali bisnis online gampang dilakukan daripada offline alasannya tidak perlu membangun ini dan itu, melaksanakan ini dan itu setiap hari. Bisnis online adalah bisnis yang mampu berlangsung sendiri sehinggaꟷmenurut sebagian orangꟷmudah dilaksanakan. Padahal, itu di luar bayangan mereka.

Baca: Bisnis Untuk Pemula

Usaha Bisnis Online Membutuhkan 3 Peralatan Utama

Peralatan utama usaha bisnis online dibahas sebagai langkah awal kesulitan menjalani perjuangan bisnis online. Bila tidak mempunyai 3 peralatan utama, mereka akan berupaya mencari dimanapun keberadaannya. Apa saja 3 peralatan utama yang harus diharapkan?

1. Laptop

Bila tidak mempunyai laptop, bagaimana melaksanakan bisnisnya? Tidak ada cara lainnya kecuali mereka mengandalkan warnet atau rental komputer. Di dalam warnet, ada beberapa komputer yang mampu dimanfaatkan. Mengapa membutuhkan laptop? Dalam pembangunan usaha bisnis online, si pengurus erat kaitannya dengan dunia blogging, situs situs web dan yang yang lain yang menggunakan laptop.

Ada blogger yang mengawali perjuangan bisnis online lewat blogging dengan cuma bermodalkan hp smartphone (jika bukan hp ini, tidak mungkin) pada mulanya. Lalu katanya sukses. Kesuksesan itu buat beli laptop. Apakah anda percaya? Yang jelas, dia cuma menulis dan posting postingan doang. Selebihya makai warnet.

2. Smartphone

Segala transaksi bisnis online sekarang ini, banyak orang yang lebih memanfaatkan smartphone untuk kepentingan bisnis. Tujuan memilikinya yakni untuk menjalin komunikasi antara anda dan si pengunjung atau si klien. Apakah mampu tidak mengandalkan ponsel pintar? Bila tidak mengginakan ini, si pengelola masih bisa melakukan bisnis. Tetapi, dalam pengerjaan email dan kebutuhan pendaftaran lainnya, si pengelola harus memiliki smartphone. Tujuanya untuk informasi mengenai akun dan pembayaran.

Mengapa tidak menggunaka ponsel biasa? Ah, ini sudah zaman now. Masak masih mengandalkan ponsel biasa?

Smartphone juga selaku pengganti modem. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk berbelanja laptop dan ponsel pintar yang mempunya jaringan wivi. Anda bisa online di laptop dengan pertolongan ponsel pintar.

3. Koneksi Intrnet

Konteksi intrenet yaitu sebuah perlengkapan yang tidak terlihat yang menjadi unsur penting dalam perjuangan bisnis online. Tanpa ini, bisnis anda tidak akan mampu online. Anda bisa membeli paket intenet atau menggunaka spedy. Bila sekedar update postingan, lebih baik membeli paket. Melalui warnet pun bisa jikalau untuk keperluan upload dan download vidio.

Memahami Hal Teknis Teknologi Informasi

Banyak orang yang bisa hidup sejahtera tanpa wawasan teknolologi terutama teknologi informasi karena mereka berbisnis secara ofline. Bisnis mereka tidak ada hubunannya dengan teknologi. Tetapi jika mau mengerjakan bisnis secara online, anda wajib mengetahui tentang hal teknis teknologi info. Itu pun bukan jaminan bisa memasarkan 1 kemasan baju.

Memahami Teknis Pemasangan Iklan

Bagi yang tidak mempunyai blog karena tidak mampu atau malas, pemasangan iklan di jasa iklan menjadi penyelesaian penting jikalau mau memasarkan 1 kemasan baju. Anda mampu mengetahui bagaimana pemasangan iklan di Facebook dan Google cuma untuk menginfokan 1 kemasan baju. Padahal, penjualan secara ofline tidak hingga sesulit ini jika sekedar memasarkan 1 bungkus baju.

Baca: Pengertian Bisnis Online

——

Ada banyak hal-hal teknik yang perlu anda pahami untuk mengerjakan bisnis online. Belum masalah Strategi pemasaran produknya yang penting diperhatikan. Bila hanya menjual 1 bungkus nasi, lebih baik dijual ofline saja. Artinya, jual lah produk yang serius dengan sistem bisnis yang serius.