Untung-Jugi Jualan Online Melalui Dropship

Bagi pemudal cekak, cara memulai bisnis jualan online dari nol mungkin mampu diatasi melalui dropship. Anda mesti mencari suplier ini karena memang menyusahkan. Anda tetap membeli produk melalui si suplier namun sesudah ada pemesanan. Si suplier akan memenuhi reservasi dari anda dan dikirim ke alamat yang dituju. Ada beberapa keuntungan yang hendak anda peroleh kalau mengandalkan suplier mirip ini. Karena aturannya mirip ini, beberapa persoalan atau disebut kerugian (bukan berupa finansial) pun bakalan menimpa anda. Bagaimana lebih jelasnya?

Anda mau bisnis dagangonline shop lewat dropship? Kalau mau, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang harus anda pahami yang maksudnya untuk pemilihan suplier lebih serius. Apa saja? Penulis akan membicarakan seputar keuntungannya terlebih dulu.

A. Keuntungan Jualan Online Lewat Dropship

Ada beberapa keuntungan jualan online melalui dropship yang perlu diketahui oleh anda. Bagi pemula pemodal cekak, keuntungan lewat dropship bisa melancarkan bisnis dagangonline anda. Karena, anda berjualan tanpa perlu menyetok.

1. Tidak Perlu Menyetok Produk

Jualan online biasanya harus menyetok produk terlebih dulu. Hal ini yang memberatkan para pemula modal cekak karena otomatis harus membeli. Dimana anad berbelanja produknya? Tidak tahu pasti. Yang terang, anda mesti berbelanja paket grosir agar harga jual di internet mampu berkompetisi dengan lainnya. Bila Berbelanja paket grosir, and mesti memerlukan modal besar.

Tetapi jikalau lewat dropship, anda tidak perlu menyetok produk. Anda cuma mem-publish gambar produk yang sedang dijual dan mengiklankan semoga ada orang yang hendak membeli.

2. Tidak Perlu Susah-Payah Dalam Operasional

Anda jangan meremehkan operasional untuk dagangonline. Anda bisa mati kutu bila banyak reservasi alias anda bisa sangat kecapekan.

Ada beberapa perlengkapan untuk kelancaran operasional jualan online. Pertama, bagaimana pengepakan produknya? Hal ini perlu anda pikirkan. Tetapi kalau lewat drophsip, anda tidak perlu menimbang-nimbang hal ini. Terpenting anda tahu bagaimana bentuk pengemasannya.

Kedua, bagaimana pengantaran produknya? Catatan pentingnya, tidak semua jasa kurir berdekatan dengan rumah anda. Bisa saja jasa kurir agak jauh sehingga memerlukan kendaraan. Tetapi, anda tidak perlu memikirkan erat-jauhnya bila melalui dropship. Pihak suplier yang mengurusi jasa kurir. Anda perlu mengenali jasa kurir apa saja yang dipakai suplier.

Ketiga, tim pekerja. Catatan penting untuk jualan online: semakin laku penjualan, makin kewalahan melayani mereka. Penting memiliki tim pekerja bagi suplier dropship. Tetapi bagaimana? Nah, anda tidak perlu menimbang-nimbang hal rumit ini jikalau melalui dagangonline melalui dropshop. Terpenting, anda mengenali bagaimana tim pekerjanya. Hal ini penting diketahui untuk mengetahui profesionalitas sang suplier.

B. Kerugian Jualan Online Lewat Dropship

Nah, kerugian jualan online lewat dropshop inilah yang perlu diamati. Tetapi, penulis akan memberikan solusi pada persoalan kerugian yang bisa tertuntaskan.

1. Tidak Bisa Memilih Suplier Dropship Dari Luar Kota

Beda kota, bisa saja berlawanan selisih harga untuk jasa kurir. Tetapi, hal ini masih bisa dimaklumi. Tentu, anda harus menarget kota yang akrab dengan kota anda. Misal, anda berada di Cirebon, maka anda mampu menarget suplier dari Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Tetapi, tetap saja, anda mesti menentukan suplier terdekat alias satu kota. Masalahnya, jarak tempuh pengantaran bisa saja lama walaupun satu kota. Jadi, lebih baik memilih suplier dropship yang satu kota.

Apakah ada dropship yang satu kota? Nah, pihak suplier pun tidak mau ribet mengurusi para reseller dalam operasional. Makanya, para suplier banyak yang tidak tertarik dengan tata cara dropship. Bisa jadi, di kota anda tidak ada pihak suplier yang menerapkan tata cara drophship. Anda mampu mencari di Google dengan kata kunci “Grosir Dropship Cirebon”. Anda bisa mencari di berbagai media hingga memperoleh yang sempurna.

Bila tidak ada, kemudian bagaimana? Tidak ada jalan yang lain kecuali anda menjadi reseller saja asalkan si suplier mampu dijangkau dalam beberapa menit biar mampu mengambil produk saat si pelanggan sudah mengeluarkan uang.

2. Tidak Bisa Memilih Lebih Dari 1 Suplier Dropship

Penjualan online anda mampu betul-betul berantakan kalau memilih lebih dari 1 dropship. Masalahnya apa? Ketika si pembeli berbelanja beberapa produk dari kedua suplier sekaligus, ada beberapa urusan: 1. Ongkos kirim si pembeli mampu menjadi doubel; 2. Paket pengiriman pun mampu dua jenis yang terpisah; 3. Paket pengiriman bisa jadi datang dari jasa kurir yang berlainan. Bila seperti itu, iktikad jualan online anda mampu menurun, sungguh menurun. Anda bisa jadi gulung tikar. Kenapa? Biaya ongkir dipatok oleh dua suplier karena membeli produk dari berlawanan suplier.

3. Tidak Bisa Mengandalkan Situs Marketplace

Kalau ada permasalahan dalam pengiriman produk, pembeli akan dengan gampang menandai anda selaku penjual buruk. Di dalam situs marketplace alias mall online seperti Tokopedia dan Bukalapak, anda tidak mampu bermain-main dalam penjualan. Di dalam kedua situs tersebut (selaku misal), tata cara penjualannya mutakhir yakni mempunyai tata cara komplain, metode evaluasi baik atau jelek dan sebagainya. Apa jadinya jika mereka menganggap toko dagangonline anda dengan nilai buruk?

Baca: Bisnis Online Shop

Di dalam situs marketplace, jumlah stok produk harus jelas. Bagaimna bisa mencantumkan stok 5 produk kalau si suplier telah kehabisan stok? Apakah si suplier harus selalu menginfokan stok produk ke beberapa reseller? “Ribet amat,” kata si suplier. Inilah kerugian berdagang lewat drophsip sebab tidak mengetahui dengan pasti stok produk yang ada. Bila tidak terang, anda tidak mampu mengandalkan situs marketplace.